Pilihan Makanan Cocok Sebagai Pendamping ASI Yang Baik Bagi Buah Hati

0

Pada umumnya Bayi memerlukan Air Susu Ibu (ASI) pada usia 0 hingga 6 bulan pertama untuk memenuhi nutrisinya. Namun memasuki lewat 6 bulan maka nutrisi ASI terasa kurang untuk si bayi. Perlunya nurtisi lebih bagi bayi maka harus ada makanan pendamping ASI yang sesuai dengan tubuh si bayi.

Pada masa 6 bulan lewat, organ tubuh pada bayi sudah siap untuk mencerna makanan, namun tidak untuk makanan yang berat dan kasar. Pentingnya ada Makanan Pendamping ASI yaitu dapat menurunkan resiko diabetes dan obesitas pada bayi. Pilihan yang sering menjadi opsi sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI) biasanya bubur, tapi apakah hanya bubur saja? berikut daftar MPASI yang dapat jadi opsi untuk kebutuhan nutrisi bayi :

Buah

Untuk pilihan buah paling cocok adalah pisang dan pepaya karena memiliki tekstur yang empuk sehingga mudah dicerna nutrisi dan vitaminnya oleh tubuh si Bayi. Selain udah dicerna nutrisinya, buah pepaya dan pisang baik bagi pencernaan.

Sayur

Mungkin jenis ini paling banyak tidak disukai baik anak kecil hingga orang dewasa, tapi untuk menjaga kesehatan tubuh, sayur harus tetap jadi konsumsi pilihan. Untuk bayi, bayam dan wortel dapat mejadi pilihan bagi ibu untuk mengawali anak makan sayur. Untuk mengolahnya bisa dengan memblender hingga halus dan dicampurkan dengan bubur. Untuk pilihan lain juga bisa kentang maupun umbi-umbian direbus agar teksturnya lembut seperti mengkonsumsi pisang.

Lauk

Lauk yang dimaksud adalah makanan pelengkap seperti daging dan kacang-kacangan. Seperti yang kita tahu bahwa bayi hanya menerima makanan  yang halus bagai mana dengan daging? jika ingin mengolah daging bisa dikukus atau direbus terlebih dahulu hingga teksturnya menjadi lembut agar mudah diolah. Dan untuk kacang-kacangan bisa menggunakan pilihan TAHu karena tekstur tahu sangat lembut seperti bubur.

Pilihan-pilihan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi ibu untuk memberi makan bayi sebagai Makanan Pendamping ASI, untuk lebih ringkasnya :

1. Makanan yang sederhana. Mulailah untuk mengenalkan bayi pada makanan-makanan tunggal yang tidak mengandung gula atau garam. Berilah waktu kepada bayi selama kurang lebih tiga sampai lima hari untuk memulai makanan baru. Diharapkan dengan cara ini akan memperlihatkan ketika bayi mengalami alergi atau makanan yang dapat memicu masalah pada pencernaan. Setelah mengenalkan makanan bahan tunggal, maka dapat mengenalkan dengan makanan kombinasi. Contoh makanan yang dapat diberikan seperti telur (direbus).

2. Makanan yang memiliki kandungan tinggi nutrisi. Zat besi dan zink adalah kandungan penting yang dibutuhkan oleh bayi berusia 6 bulan.

3. Mengenalkan sereal ,Memberikan bayi sereal dan bubur dengan dicampuri susu.

4. Buah dan sayuran, Mulailah untuk mengenalkan sayur dan buah pada bayi. Buah dan sayur harus diblender dan disaring untuk menghilangkan serat/ ampas. Atau dapat menggunakan juicer untuk hasil yang lebih baik.

5. Memberikan makanan yang dapat dipegang, Bayi 8-10 bulan dapat Memberikan makanan seperti buah, sayuran, keju, biskuit bayi.

Share.

About Author

Leave A Reply