Keuntungan Perkembangan Digital, Penggunaan USG 4 Dimensi

0

Satu hal yang ditunggu-tunggu para ibu hamil saat memasuki trimester ketiga adalah kesempatan untuk mencoba melakukan pemeriksaan USG 4Dimensi. Jika sebelumnya ibu sudah terbiasa melakukan USG 2D, maka pada pemeriksaan USG 4D wajah buah hati dengan lebih jelas.

Apa saja keuntungan dari USG 4 Dimensi ? Berikut informasi mengenai USG 4 Dimensi:

Definisi

Pemeriksaan Ultrasonografi  (USG) adalah cara yang dilakukan untuk melihat kondisi bayi dalam kandungan. Adanya penggunaan USG 4D maka hasil yang ditampilkan dipastikan lebih detail dibandingkan USG 2D.

Jika pada USG 2D dan 3D gambar yang terlihat tidak bergerak, maka pada USG 4D tampilan dapat bergerak lancar seperti video. Hal ini dikarenakan USG 4D telah menggunakan gelombang audio untuk membuat gambar bergerak dari dalam rahim.

Tentunya dengan penggunaan USG 4D, ibu dapat melihat detai aktifitas buah hati dalam kandungan lebih detail bahkan hingga ekspresi yang dilakukan si bayi ketika dalam kandungan dapat dilihat.

Biasanya dokter menggunakan USG 2D secara rutin untuk memeriksa janin, melihat banyaknya cairan ketuban, dan melihat adanya cacat lahir. Dengan menggunakan USG 4D maka apabila dicurigai ada masalah pada tumbuh kembang janin, kondisi tersebut bisa lebih detail dan spesifik diperiksa oleh dokter.

Dengan demikian penggunaan USG 4D bukan lagi hanya bagian dari pemeriksaan kehamilan rutin, tapi hanya dilakukan pada trimester ketiga atau saat dokter merasa janin perlu pemeriksaan detail.

Waktu  tepat untuk USG 4D

Dalam pemeriksaan USG 4D sebaiknya dilakukan pada saat usia kehamilan sudah memasuki antara 26 hingga 30 minggu.

Hal itu karena sebelum memasuki usia kehamilan 26 minggu, janin hanya memiliki sedikit lemak di bawah kulit, sehingga tulang-tulang wajahnya akan terlihat. Tetapi jika usia kehamilan udah melewati 30 minggu, kepala janin biasanya sudah masuk jauh ke dalam jalan lahir, sehingga kemungkinan besar tidak bisa melihat wajahnya.

Himbauan

Sangat wajar apabila ibu bersemangat untuk melakukan USG 4D agar bisa melihat bentuk wajah dan kondisi bayi secara keseluruhan bahkan untuk waktu yang lama, tapi bukan berarti dilakukan secara sembarangan.

Tujuan dari penggunaan USG 4D ini bukan semata-mata hanya ingin melihat wajah dan dilakukan dalam jangka waktu terlalu lama. Pastikan dengan dokter apakah ibu benar-benar membutuhkan USG 4D. Jika tidak, maka ibu tidak perlu terus-menerus untuk USG 4D.

Pada dasarnya, paparan dari ultrasound secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan janin dalam kandungan.

 

 

JADWAL USG PRAKTIK BIDAN HEDDI

* Mulai Pagi Jam 08.00 – 12.00 WIB
* dan Sore Jam 17.00 – 21.00 WIB
– Melayani Tindik Bagi Bayi Perempuan

 

KINI TELAH DIBUKA PELAYANAN USG 4 Dimensi – Mulai 26 MEI 2019 pukul 15.00 WIB ,

“Ingin melihat Buah Hati secara detail? Buruan ke Praktik Bidan Heddi, Ibu dan buah hati sehat adalah prioritas kami”

 

Share.

About Author

Leave A Reply