Apa Ibu Hamil Boleh Puasa?

0

Mendekati bulan suci Ramadhan ini, banyak kegitanan yang dilakukan salah satunya kewajiban berpuasa khususnya yang beragama Muslim. Tapi bagaimana untuk mereka yang masih dalam masa kehamilan, apakah boleh berpuasa saat hamil?

Ketahui Kapan Ibu Dapat Menjalankan Puasa

Ibu hamil disarankan tidak menjalankan puasa dalam trimester pertama dan trimester terakhir karena masa tersebut adalah masa rentan bagi kesehatan kandungan. Dalam trimester pertama, tubuh seorang ibu akan beradaptasi dengan adanya janin. Hal itu dapat diamati mulai dari perubahan hormon, rasa mual, dan muntah. Hal ini yang menjadi resiko bila menjalankan puasa dalam trimester pertama akan memperhambat perkembangan janin.

Untuk trimester terakhir, Janin akam menyempurnakan organ-organ pernting dalam dirinya. Ibu justru disarankan makan lebih teratur dengan konsumsi vitamin dan mineral yang cukup. Masa ini juga merupakan masa paling rawan karena kelahiran bayi dapat terjadi kapan saja. Untuk itulah ibu diharapkan memiliki tenaga cukup pada saat kelahiran

 

Jadi untuk trimester kedua, biasanya ibu sudah dapat beradaptasi dengan keadaan si janin. Pada masa ini juga ibu dapat juga melakukan puasa, tapi dengan tetap memenuhi kebutuhan gizi bagi janin.

Apa yang diperhatikan Ibu yang ingin Berpuasa?

Bila ibu sudah merasa mampu untuk berpuasa dan dalam konsisi yang sehat, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut sebelum puasa:

  • Selalu berkonsultasi dengan dokter atau bidan kepercayaan ibu. Bagi ibu hamil yang memiliki komplikasi kehamilan, konsultasikan terlebih dahulu rencana untuk berpuasa dengan dokter atau bidan.
  • Konsumsi kafein maksimal yang dianjurkan adalah 200 mg atau setara dengan dua cangkir kopi instan. Bila ibu hamil terbiasa mengonsumsi kafein (baik dari soda, kopi, teh, dan cokelat) dengan jumlah banyak, maka cobalah mengurangi  asupan kafein sebelum memulai masa puasa.
  • Bila ibu hamil masih tetap bekerja selama berpuasa, maka komunikasikan keadaan  dengan orang-orang di tempat kerja Anda. Ibu hamil yang berpuasa rentan mengalami kekurangan asupan gizi selama berpuasa.
  • Cobalah untuk mencatat apa saja makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dengan cara ini, ibu hamil dapat menghitung berapa jumlah asupan kalori per hari sehingga dapat mencegah terjadinya kekurangan asupan.
Share.

About Author

Leave A Reply