Kenali Kulit Sesitif pada Bayi

0

Bayi yang baru lahir memang dikenal memiliki kulit lebut dan sensitif. Tapi, memang ada beberapa bayi telat terlahir memiliki jenis kulit yang sensitif. Tentunya, orang tua harus jeli dalam mengenali ciri kulit si bayi sehingga lebih tahu bagaimana merawatnya.

Berikut tanda-tanda bayi memiliki jenis kulit yang sensitif:

1. Terdapat bintik-bintik merah

Pada dasarnya, bintik-bintik merah pada bayi itu normal. Hal itu dikarena reaksi tubuh melawan zat asing dari luar.

Namun, jika semakin banyak bintik merah yang muncul, bisa jadi ini tanda reaksi alergi dari kandungan zat benda tertentu.  Berkonsultasilah ke dokter.

2. Tekstur kulit bayi terlihat sangat kering

Bayi rentan memiliki kulit kering karena fungsi epidermisnya belum sepenuhnya berkembang. Namun, jika kulit bayi terlihat sering kusam dan sangat kering, maka perlu lebih ekstra ketat dalam menjaga kelembapan kulitnya.

Maka dari itu, sering-sering  mengoleskan pelembab khusus untuk kulit bayi untuk mencegah iritasi, terutama pada bagian lipatan kulit yang sering berkeringat.

3. Kulit bayi rentan terkena berbagai macam penyakit

Ciri kulit bayi sensitif juga dapat ditandai oleh kulit yang rentan terkena berbagai macam penyakit, seperti biduran, eksim, biang keringat, kurap (infeksi kulit oleh jamur), ruam popok, hingga impetigo (infeksi kulit oleh bakteri).

Penyakit-penyakit ini pada dasarnya akan membaik selama beberapa waktu bersamaan dengan berkembangnya sistem imun tubuh bayi. Namun, jika tidak kunjung membaik berkonsultasilah ke dokter.

Apa Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua Bila Bayi Memiliki Kulit Sensitif ?

Kesalahan yang sering dilakukan adalah over cleansing atau berlebihan dalam membersihkan bayi. Biasanya, orang tua lebih menggunakan sabun dan sampo yang memiliki bahan keras saat mandi, memandikan bayi terlalu lama, atau bahkan mengatur air mandi yang terlalu panas padahal Ini tidak baik bagi kulit bayi.

Membersihkan tubuh bayi itu baik, tapi perlu diketahui tubuh manusia memberikan respon terhadap zat asing dan memperkaya informasi untuk meningkatkan pertahanannya. Jadi, jika berlebihan dalam membersihkan kulit bayi akan membuat keseluruhan bakteri mati sehingga sistem imun pada kulit tidak berkembang dengan baik.

Memandikan bayi dengan air hangat dengan suhu yang terlalu panas juga dapat mematikan bakteri. Hal ini yang membuat kulit bayi rawan terkena berbagai macam infeksi kedepannya.

Share.

About Author

Leave A Reply