ASI Sedikit? Coba Mengkonsumsi Makanan Ini

0

Anak merupakan anugerah terindah bagi hampir setiap wanita yang terutama yang menantikan datangnya buah hati. Kadang ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Bagi seorang ibu yang baru memiliki buah hati, memberikan ASI pada anak merupakan kewajibannya, tapi bagaimana jika ASI yang dikeluarkan untuk buah hati hanya sedikit?.

ASI pada wanita baru keluar setelah proses kelahiran. Ada banyak sekali faktor yang bisa memengaruhi volume ASI, dan ini bisa bersifat genetik maupun dikarenakan lingkungan. Bila anda merupakan seorang ibu yang mengalami hal tersebut, maka dapat dibantu melalui beberapa makanan. Makanan-makanan dibawah ini adalah pilihan baik untuk meningkatkan volume ASI  dan lebih aman daripada mengonsumsi obat-obatan yang dapat membawa efek samping pada anda dan si buah hati.

Berikut beberapa makanan penunjang ASI:

Bayam

Sudah banyak yang tahu bahwa bayam kaya akan zat besi, folat, dan vitamin K. Sederet nutrisi penting ini merupakan kebutuhan bagi ibu yang menyusui. Bayam merupakan sayuran serbaguna dan dapat dikonsumsi dalam berbagai cara. Konsumsi rutin baik bagi ibu dan ASI untuk si buah hati.

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang mudah didapat dan memiliki banyak manfaat. Penelitian menyatakan bahwa ibu yang rutin mengonsumsi bawang putih akan memiliki bayi yang bisa meminum ASI dalam waktu yang lebih lama. Ini terbukti karena bawang putih sudah sejak dulu dipergunakan untuk meningkatkan volume ASI pada wanita yang tengah menyusui.

 

Buah-buahan kering

Buah-buahan kering mengandung sejumlah gula alami dan asam lemak. Kandungan-kandungan tersebut mampu merangsang meningkatnya volume. Faktanya, buah-buahan kering menjadi makanan terfavorit bagi para wanita yang baru melahirkan, karena buah-buahan kering mengandung trace mineral yang dapat membantu menyembuhkan tubuh pascamelahirkan.

Biji wijen

Biji wijen merupakan sumber tembaga dan kalsium yang sangat baik. Kandungan-kandungan tersebut berperan besar dalam peningkatkan volume ASI yang diproduksi oleh ibu bila dikonsumsi rutin setiap hari.

Minyak zaitun

Biasanya setiap ibu menyusui tidak disarankan mengkonsumsi makanan yang digoreng, hal ini memiliki efek negatif pada pasokan ASI mereka. Bila tetap ingin mengkonsumsi, pilihan tepat dalam menggoreng adalah menggunakan minyak zaitun, karena memiliki efek lebih positif untuk peningkatan volume ASI pada ibu.

 

Share.

About Author

Leave A Reply