Jus Lemon Untuk Ibu Hamil?

0

Ibu hamil tak boleh sembarang mengonsumsi makanan, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya ia hindari selama masa kehamilan. Semua hal yang berhubungan dengan kesehatan dan kondisi fisik maupun mentalnya harus dijaga. Tapi apakah baik jus lemon untuk ibu hamil?

Nutrisi segelas jus lemon sangatlah banyak yakni serat makanan, mineral (kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng) dan vitamin (vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin b-6, folat, vitamin A, dan vitamin E).

Walaupun kaya dengan nutrisi, jus lemon mungkinan tidak baik pada masa kehamilan, mengingat asam kuat yang terdapat dalam jus lemon. Sebenarnya, ketika diminum dalam jumlah yang nomal, jus lemon dapat bermanfaat bagi ibu hamil, meski Anda tetap harus mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter.

Jus lemon yang akan dikonsumsi haruslah jus lemon yang murni, alami, dan segar, bukan jus lemon yang ada dalam kemasan karena bisa saja mengandung bahan lain seperti pengawet dan pemanis buatan. Jus lemon juga hanya bisa diminum dalam jumlah sedang dan sebanyak satu kali dalam sehari.

Berikut manfaat meminum jus lemon:

Menurunkan tekanan darah

Banyak wanita hamil mengalami masalah dengan tekanan darah mereka, terlebih hipertensi. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Tekanan darah tinggi bisa jadi sangat bahaya dan akan menimbulkan risiko bagi ibu dan bayi yang dikandungnya.

Menurut penelitian pada tahun 2014, dengan mengkonsumsi jus lemon dan rutin berjalan kaki, mampu menurunkan resiko hipertensi pada ibu hamil.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam segelas jus lemon berperan aktif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dalam 100 gram jus lemon mengandung 38,7 mg vitamin C. Untuk kondisi ini, dengan mengonsumsi jus lemon dalam batas wajar, membantu memperkuat fungsi tubuh kebal terhadap infeksi dan menjaga kesehatan ibu serta bayinya.

Menlancarkan pencernaan

Sembelit merupakan masalah umum yang terjadi pada ibu hamil. Dengan Jus lemon mampu mengatur sekresi cairan pencernaan di perut, sehingga demikian dapat membantu masalah pencernaan dan mencegah sembelit. Jus lemon juga mengandung banyak serat makanan yang sangat berhubungan dengan kesehatan sistem pencernaan.

Share.

About Author

Leave A Reply