Makanan Sehat Ibu Hamil

0

Pilihan Makanan Cocok Untuk Kehamilan

Nutrisi sangat diperlukan bagi ibu dalam masa-masa kehamilan. Makanan dan stamina untuk ibu hamil wajib untuk dijaga. Salah makan ataupun kekurangan nutrisi bisa berakibat pada perkembangan bayi. Berikut beberapa pilihan makanan cocok pasca kehamilan:

  1. Minum Air Putih

Konsumsi air putih pasca kehamilan merupakan hal yang sangatlah penting. Hal ini disebabkan, pasca kehamilan volume darah pada ibu hamil meningkat hingga 1,5L. Penting bagi ibu hamil mengkonsumsi untuk menjaga  keseimbangan cairan tubuh, Biasanya kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi ringan seperti sakit kepala, gelisah, mudah lupa, dan suasana hati kacau.

  1. Makanan dan Minuman yang Berbahan Dasarkan Susu

Susu mengandung banyak protein dan kasium untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Selain minum susu, mengkonsumsi makanan yang menganduk susu seperti keju dan yogurt secara rutin juga sangat bermanfaat. Biasanya yogurt dapat membantu mengurangi resiko komplikasi selama kehamilan.

  1. UBI

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan sehat bagi ibu hamil. Pada ubi terkandung vitamin A yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan jaringan tubuh pada janin. Pada saat hamil, biasanya ibu hamil disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A sebesar 10% hingga 40% dari kebutuhan sehari-hari. Walaupun asupan vitamin A sangat penting, namun konsumsinya tidak boleh terlalu banyak juga karena dapat menyebabkan keracunan.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dikenal sebagai sumber serat, asam folat, protein, zat besi, dan kalsium. Konsumsi kacang-kacangan pada umumnya adalah kedelai, buncis, kacang polong, dan kacang tanah. Kandungan pada kacang-kacangan bermanfaat mencegah resiko kondisi cacat lahir dan penyakit bayi yang baru lahir.

  1. Sayuran Hijau

Seperti yang kita tahu bahwa sayuran kaya akan berbagai vitamin dan mineralnya. Kandungan pada sayuran hijau seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium , dan zat besi sangat baik bagi kesehatan tubuh apa lagi ibu hamil. Antioksidan yang terdapat pada sayuran hijau bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan.

  1. Telur

Menjadi bahan baku favorit banyak kalangan karena mudah didapatkan ternyata kandungan telur baik untuk meningkatkan asupan gizi secara keseluruhan. Kandungan kolin pada telur adalah nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin.

  1. Ikan Salmon

Ikan Salmon merupakan sumber vitamin hewani yang baik. Kandungan dalam ikan salmon terdapat omega 3 yaitu DHA dan EPA, yang sangat penting bagi perkembangan otak dan mata saat pertumbunan bayi.

Konsumsi salmon yang baik adalah diolah dan dimasak hingga matang. Tidak baik jika mengkonsumsi saat mentah (sushi atau sashimi) dikarenakan dapat beresiko sudah terkontaminasi berbagai bakteri yang membahayakan perkembangan janin.

  1. Daging

Danging paling banyak dinikmati oleh banyak orang. Daging ayam, ikan, maupun daging sapi merupakan sumber protein tinggi. Selain itu, daging juga mengandung zat besi yang berguna sebagai mineral penting sel darah merah.

Daging sapi yang berwarna merah banyak mengandung zat besi untuk meningkatkan dan memperlancar predaran oksigen pada darah.

Share.

About Author

Leave A Reply