Aktivitas Yang Mengganggu Kesehatan Saat Hamil

0

Aktivitas Yang Mengganggu Kesehatan Saat Hamil

Datangnya kehamilan merupakan suatu momen bahagia tersendiri dalam sebuah keluarga apalagi yang belum dikaruniai buah hati. Berbagai persiapan dilakukan untuk menjaga perkembangan janin. Tapi kadang masih ada kebiasaan-kebiasaan sebelum kehamilan yang masih dilakukan dan mungkin saja bisa menganggu kesehatan bayi. Aktivitas apa sajakah itu?

Olahraga terlalu keras

Olahraga memang suatu aktivitas yang sangat baik bagi kesehatan baik tubuh maupun bayi dalam kandungan. Namun olahraga terlalu keras beresiko mengancam kesehatan bayi dalam kandungan. Hindarilah bersepeda maupun olahraga-olahraga ekstrim saat kehamilan.

Menggunakan Cat Rambut

Biasanya wanita suka dengan fashion-fashion sengan mengikuti tren baju, sepatu, maupun mewarnai rambut. Jika anda juga termasuk orang yang suka mewarnai rambut, usahakan hindari hal tersebut saat hamil. Bukan tidak boleh mewarnai rambut, tapi kebanyakan pada pewarna rambun sekarang banyak menggunakan zat-zat kimia. Jika tetap ingin mewarnai rambut gunakan pewarna alami seperti henna atau pewarna nabati. Pewarnaan rambut juga hanya pada bagian panjangnya saja dan menghindari area kulit kepala serta dilakukan di area berventilasi.

Konsumsi Alkohol

Perlu diketahui pada alkohol terdapat banyak zat-zat beracun bagi tubuh. Saat mengandung ibu hamil juga tidak diizinkan mengkonsumsi alkohol karena berakibat pada bayi maupun ibu yang mengandung.

Menggunakan Pembersih Kimia

Tidak dianjurkan bagi ibu hamil melakukan kontak langsung terhadap produk-produk pembersih. Pembersih lantai maupun pembersih kamar mandi yang mengandung zat kimia bisa menjadi racun tersendiri. Pilihan alternatif lain seperti cuka, air atau baking soda baik saat kehamilan.

Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Mungkin akan ada rasa nyeri tertentu pada saat hamil, tapi tidak dianjurkan juga mengkonsumsi pereda nyeri apalai aspirin. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja jantung dan ginjal janin. Konsultasikan pada dokter sebelum membeli obat di apotek.

Terlalu Lama Berendam pada Air Hangat

Memang berendam dengan air hangat memiliki manfaat tersendiri untuk ibu hamil. Namun, berendam di air hangat terlalu lama apa lagi terlalu panas dapat mempegaruhi kesehatan bayi dalam kandungan.

Share.

About Author

Leave A Reply