Tanda-Tanda Kemungkinan Kehamilan

0

Nah, setelah mengetahui “tanda-tanda kehamilan umum” atau “Tanda-tanda kehamilan tidak pasti”, adapula tanda-tanda lain yang mungkin mengindikasikan adanya kehamilan. Akan tetapi, tanda inipun belum dapat sepenuhnya ditandakan sebagai kehamilan yang positif. Untuk itulah, tanda ini masih digolongkan kedalam tanda kemungkinan kehamilan.

Tanda dugaan kehamilan atau yang juga dikenal dengan tanda presumtif akan pastinya berbeda dialami oleh setiap wanita. Hal ini umumnya akan bergantung pada kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Hanya saja, pada beberapa kasus tertentu, sangat jarang ditemui wanita yang mengalami tanda dugaan kehamilan yang terjadi secara masal atau bersamaan.

Lantas apa sajakah tanda tersebut mari simak dibawah ini.

1. Tanda Hegar

Tanda yang pertama adalah dengan mengenal tanda hegar. Untuk dapat mengetahui tanda ini dapat dilakukan dengan meletakan dua jari pada bagian forniks posterior dan tangan lain yang berada pada bagian dinding perut diatas simpisis pubis. Lewat pemeriksaan ini akan terasa pada korpus uteri yang seakan terpisah dengan bagian serviks. Sementara itu, pada kehamilan minggu ke 6 hingga minggu ke 8, pemeriksaan bimanua dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan hegar ini dengan perlahan.

2. Tanda Piskacek

Tanda yang selanjutnya adalah dengan adanya pembesaran apda bagian uterus. Dimana pembesaran ini umumnya tidak merata hingga dapat terlihat menonjol pada kejurusan uterus yang semakin membesar. Kondisi ini membuat bagian uterus dalam keadaan hamil tumbuh lebih cepat pada tempat implantasinya.

3. Tanda Chadwick

Berikutnya adalah tanda yang muncul dengan adanya perubahan warna. Perubahan warna ini terjadi pada bagian selaput lendir vulba dan bagian organ kewanitaan perempuan yang umumnya berubah menjadi lebih keunguan. Tanda ini bisa mengindikasikan adanya kemungkinkan kehamilan pada wanita tersebut. Hanya saja belum dapat disimpulkan sebagai kehamilan yang pasti.

4. Tanda Braxton Hicks

Tanda berikutnya yang mungkin terjadi adalah tanda yang berhubungan erat dengan tanda kehamilan muda, yakni pada kira-kira usia minggu ke 20. Sehingga pada minggu ini volume air ketuban dalam rahim wanita hamil akan lebih banyak. Kondisi ini akan dapat dirasakan dengan menggoyangkan bagian uterus yang ditekan sehingga akan terlihat janin akan melentig dalam uterus. Kondisi inilah yang diketahui sebagai ballottement.

5. Tanda Goodells

Tanda ini akan dapat dirasakan dengan melakukan pemeriksaan dimana pada tanda ini serviks akan teraba lunak.

6. Suhu Basal

Sesudah ovulasi tetap tinggi terus antara 37,2 derajat sampai dengan 37,8 derajat. Tanda ini adalah satu hal yang mencirikan adanya kehamilan. Gejala ini seringkali digunakan dalam pemeriksaan kemandulan.

7. Hasil Positif Test Kehamilan

Salah satu pemeriksaan kehamilan dalam skala yang lebih sederhana adalah dengan melakukan pemeriksaan lewat test kehamilan instan. Test kehamilan akan sanagt membantu anda dalam mengetahui tnada yang dialami secara fisik dan psikis merupakan tanda yang berhubungan dengan kehamilan atau adanya gangguan kesehatan.

Ketika melakukan test kehamilan dan hasilnya negatif namun dalam waktu yang bersamaan anda masih belum mendapatkan mestruasi, maka mungkin anda terlalu lelah sehingga hasil kehamilan belum terlihat sewaktu menggunakan test pack.

Sehingga demikian, waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan adalah tujuh hari setelah melakukan hubungan badan bersama dengan pasangan. Anda dapat menunggu kembali beberapa har, sebelum melakukan kembali test ulang. Selain itu, sebaiknya anda dianjurkan untuk menggunakan test kehamilan pada saat pagi hari.

Sementara guna mengetahui tanda kehamilan pasti diperlukan pemeriksaan dengan bantuan medis seperti dokter kandungan ataupun bidan.

Share.

About Author

Leave A Reply